Selamat Datang di Web Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK silahkan hub saya

Empat Cara Sederhana Mengajarkan Matematika Untuk Balita dengan Cepat

iklan atas disini
Iklan tengah disini
Sobat web juprani yang setia.. terkadang kita mengalami kesulitan dalam hal mengajarkan matematikabaik untuk dewasa maupun untuk anak-anak atau balita, tapi yang dikhusukan dalam postingan kali ini ane akan share bagaimana cara mengajarkan matematika kepada balita, mungkin anda berfikir mengjarakan ke anak remaja saja sudah sulit apalagi kebalita...
tenang sob jangan terlalu dipikirkan tapi dikerjakan dan di ikuti tips yang di bagikan webjuprani.com ini, bagaimana caranya simak ni sob, sederhana dan mudah ko.. dan dijamin balita anda akan mahir dan terampil dalam pelajaran matematika, inilah Empat Cara Sederhana Mengajarkan Matematika Untuk Balita dengan Cepat, sebagai berikut :



Sobat webjuprani, Mengenalkan matematika pada balita dapat dimulai dengan cara yang paling sederhana. Mereka diajak berhitung mulai berbagai mainan. Misalnya dengan menghitung kaos kaki, awas sob jangan kaos kaki koto ya wkwkwk

Pertama ajak balita anda mengumpulkan kaos kaki orang serumah yang selesai dijemur. Tunjukkan bahwa setiap kaos kaki memiliki pasangan. Biarkan anak memilih kaos kaki yang sesuai dengan pasanganya. Itu adalah pengenalan konsep persamaan dan perbedaan.

Kedua Kaos kaki yang dikumpulkan juga harus dipilih berdasarkan ukuran. Kaos kaki beasar milik ayah, kaus kaki panjang milik kakak, dan kaus kaki kecil miliknya. Anak dapat mengukur dan membedakan langsung. Itu pengenalan ukuran dengan cara yang paling sederhana. Setelah kaus kaki disimpul anak diajak berhitung berapa kaus kaki milik ayah? Berapa kaos kaki milik kakak ? Mana yang lebih banyak ? Hemmm belajar berhitung sudah dilakukan dengan gembira. Kaus kaki merah milik siapa ? Kaus kaki Hitam milik siapa ?  Pengenalan warnapun terjadi.

Ketiga, Setiap kali anak selesai melakukan satu tahap. Beri pujian supaya dia bersemangat. Sebaliknya ketika anak mulai bosan dan frustasi karena sulit menemukan pasangan kaos kaki yang dicari, alihkan perhatiannya. Biarkan anak melakuan yang bisa dikerjakan dulu. Jangan lupa ucapkan terimakasih karena anak telah membantu membereskan kaus kaki, ini hal yang sangat penting sob jangan sampai dilewatkan.

Keempat, Permainan lain untuk mengenalkan matematika dengan cara sederhana adalah ketika membagi buah. Gunakakan buah yang bebas dipegang oleh anak, misalnya apel atau jeruk. Hitunglah jumlah apel atau jeruk didepan anak. Ucapkan dengan jelas agar anak mengerti bahwa ibunya telah menghitung jumlah buah. Biarkan anak membagi jeruk atau apel kepada seluruh anggota keluarga. Satu untuk ayah, satu untuk ibu, satu untuk kakak, dan satu untuk dia.

Trik ini juga harus diterapkan yaitu membuat seolah-olah orang tua berbuat salah. Misalnya ketika membagi buah, lewatilah satu orang. Jika anak merespon dan mengoreksi kesalahan itu berarti konsep dasarnya sudah dia miliki. Balita masih belum mengerti konsep pecahan seperti setengah, sepertiga dan sebagainya. Mereka hanya tahu membagi kue sama banyak.

Perlu diingat dan dicatat ya sob, Meskipun ingin mengajari matematika dengan lebih intensif, jangan sekali-kali memaksa anak. Biarkan anak mencoba sendiri dengan gembira.



Terima kasih telah berkunjung dan teruslah berkunjung untuk mendapatkan informasi-informasi selanjutnya atau ikuti fans page nya webjuprani.com klik  fans page atau klik disini, biar sobat tidak ketinggalan updatenan terbarunya.
Iklan bawah disini

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini