Selamat Datang di Web Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK silahkan hub saya

Green Adventure Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar

iklan atas disini
Iklan tengah disini
Green Adventure adalah kegiatan belajar yang langsung terjun ke lingkungan sekitar, nah bagi sobat yang ingin tau apa saja sih tujuan Green Adventure itu silahkan sobat baca postingan ane di bawah ini...
Baca Juga :



SDN Ciparay mendapat kunjungan dari kakak-kakak dari universitas negeri jakarta (UNJ),mereka berbagi ilmu dengan mengadakan talk show dan mengadakan kegiatan dengan tema green adventure, Agar para siswa SDN Ciparay lebihmencintai lingkungan.
Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswa SDN ciparay kelas 4,5 dan kelas 6, mereka diajak berkeliling mengunjungi tempat-tempat disekitar sekolah agar para siswa lebih mengenal tentang lingkungan.
sekilas tentang green adventure, kegiatan green adventure ini bertujuan membangun kecintaan terhadapa lingkungan, meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri siswa, menciptakan lingkungan yang sehat,bersih dan nyaman disekolah maupun masyarakat sekitar dan penanaman edukasi tentang lingkungan
nilai kehidupan akan memberikan nilai yang kokoh dan akan sangat membantu anak melalui masanya dan tentunya akan membimbingnya kepada kehidupan yang baik dan bermakna,
kehidupan yang dapat mengantarkan kepada kebahagian dunia dan akhirat.
Dalam hal lingkungan hidup, perlu adanya penanaman nilai-nilai kecintaan terhadap lingkungan, agar anak-anak mampu menjaga lingkungan sekitarnya agar senantiasa bersih, sehat, nyaman dan bernilai, dan mengembangkan program-program pendidikan dan pelatihan bagi anak-anak, khususnya siswa-siswi di SDN Ciparay.

Green Adventure memilki prinsip
Keteladanan
Salah satu prinsip dalam pelatihan adalah tidak menyuruh orang sebelum menyuruh diri, dan sekuat tenaga memberikan contoh kepada peserta sebelum mengajak peserta melakukan sesuatu. Karena daya rubah dan daya gugah terbesar terletak pada kesungguhan memperbaiki diri.

Sederhana dan mudah
garis adalah titik-titik, kain adalah rangkaian dari benang-benang, begitu pula kesuksesan besar adalah rangkaian dari kesuksesan-kesuksesan kecil, proses pelatihan mengajarkan peserta untuk memperhatikan dan membiasakan karakter keseharian yang baik dan sederhana, dimulai dari diri sendiri dan dari yang paling kecil.

Praktis, solutif dan aplikatif
Yang penting adalah bukti bukan sekedar teori. Pelatihan ini memberikan kiat-kiat praktis atau tips-tips yang aplikatif dalam keseharian.
Menyentuh hati
Hati merupakan tempat bersemayamnya cahaya ilahi. Di hati terletak kebaikan. Oleh karena itu menyentuh hati agar lebih peka terhadap berbagai kebaikan. Dan hati hanya dapat disentuh dengan hati.



Pendamping oleh mentor
Mahasiswa pendamping dan pengisi kegiatan adalah mereka yang faham dengan teori belajar dan pembelajaran serta memiliki pengalaman yang baik bersama anak-anak.
Materi yang diberikan yaitu bersahabat dengan lingkungan, lingkungan bersih untuk hati yang bersih, lingkungan sehat untuk jiwa yang sehat.
Jenis kegiatan Green adventure diantaranya,berinteraksi dengan alam, pengalaman berinteraksi dengan sesama untuk membangun kepekaan sosial membantu sesama,belajar bekerja sama,belajar untuk menyelesaikan masalah,belajar mengambil sikap, keharusan untuk mandiri,kuat menghadapi kondisi.

Itulah sekilas tentang acara green adventure, terima kasih untuk kakak-kakak dari UNJ yang telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke SDN Ciparay ini. semoga dengan acara ini kita lebih bisa mencintai alam lingkungan ini, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita dan kalau bukan sekarang kapan lagi,
Iklan bawah disini

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini