Selamat Datang di Web Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK silahkan hub saya

Pengetahuan Seni Tari

iklan atas disini
Iklan tengah disini
Berbicara tentang kesenian, sobat web juprani pasti sudah banyak mengetahui bahkan mungkin sudah menjadi seorang pelaku kesenian atau musisi, banyak unsur dalam kesenian dan juga banyak ragam kesenian seperti yang kita ketahui ada seni musik, seni tari, seni drama dan juga lain sebagai nya, akan tetapi dari keseluruhan ragam dan jenis kesenian adanya saling ketergantungan dan saling membutuhkan dari masing-masing seni tersebut, misalnya kesenian tari tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya seni musik dan begitu pula untuk seni yang lainnya, sob kali ini ane akan share tentang artikel seni tari,

Oleh : Juprani, S.Pd

    A.    Pengertian Seni Tari
Seni Tari merupakan bagian dari bentuk seni, dan seni ( kesenian ) merupakan bagian dari kebudayaan manusia. Seni tari tidak dapat bediri sendiri tanpa dukungan seni laninnya, karena di dalam seni tari terdapat unsur seni lain yang menunjang pada keberadaan seni tari. Seni tari merupakan ungkapan perasaan manusia yang dinyatakan dengan gerakan-gerakan tubuh manusia. Seorang kritikus dari Amerika Serikat yakni John Martin dalam bukunya  The Modern Dance  menyatakan bahwa gerak adalah pengalaman fisik yang paling elementer dari kehidupan manusia ( Soedarasono, 1978 ).

Baca Juga :

Gerak merupakan unsur utama dalam tari, gerak yang dimaksud adalah bukan gerak nyata dengan realitia melainkan yang sudah mengalami stilasi dan distorsi yang sifatnya ekspresif. Bentuk gerak ekspresif adalah bentuk yang di ungkapkan agar dapay dinikmati dengan rasa.
Definisi seni tari menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a.       Corrie Hartong asal Belanda menyatakan bahwa “ Tari adalah gerakan-gerakan yang diberi bentuk dan ritme dari badan di dalam ruang”
b.      Curt Sach ahli sejarah musik dan sejarah tari dari Jerman menyatakan bahwa “Tari adalah gerak yang ritmis”
c.       Fanz Boas menyatakan bahwa “ Tari adalah gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torsi atau kepala, atau gerak-gerak dari tungkai serta kaki”.
Dari pendapat-pendapat di atas sobat bisa simpulkan bahwa tari merupakan media komunikasi rasa yang didasari oleh gerak ekspresif dengan substansi bakunya adalah gerak, namun gerak yang dimaksud bukanlah gerak keseharian melainkan gerak yang sudah diberi bentuk ekspresif.
   B.     Fungsi Seni Tari
Fungsi seni tari dalam kehidupan manusia secara garis besar dapat dikelompokan menjadi 3, yaitu :
1.      Tari sebagai sarana upacara ritual
2.      Fungsi tari sebagai hiburan, dan
3.      Fungsi tari sebagai tontonan
   C.    Jenis-jenis Seni tari
1.      Jenis Tari berdasarkan Pola Garapan
a.       Tari tradisional, dan
b.      Tari kreasi baru
2.      Jenis tari berdasarkan koreografinya
a.       Tari tunggal ( Solo )
b.      Tari duet ( Berpasangan )
c.       Tari kelompok
3.      Jenis tari berdasarkan temanya
a.       Tari dramatik
b.      Tari non dramatik

Baca Juga :
Itulah sob sedikit pengetahuan tentang seni tari,

Terima kasih telah berkunjung ke web juprani jangan sampe ketinggalan untuk postingan berikutnya sob, kalau takut ketinggalan ikuti aja Fans Page nya web juprani klik disini sob.
Iklan bawah disini

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini