Selamat Datang di Web Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK silahkan hub saya

info Terbaru Moratorium Penerimaan CPNS Cukup Dua Tahun

iklan atas disini
Iklan tengah disini

Menpan-RB: Moratorium Penerimaan CPNS Cukup Dua Tahun

Tahun depan diperkirakan hingga 130.000 PNS akan pensiun sementara jumlah yang diterima hanya 50.000 hingga 70.000 CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Aboebakar, mengatakan moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) cukup dua tahun. Selama dua tahun ini penghematan anggaran dirasa sudah efektif.

"Selama dua tahun ini PNS kita berkurang dari 4,7 juta menjadi 4,5 juta. Pasti efektif karena ada pengurangan jumlah gaji," kata Azwar, di gedung Parlemen, Senayan, Selasa (16/10).

Meskipun uang pensiun tetap dikeluarkan, namun biaya pensiun tidak lebih besar dibandingkan gaji.

Tahun depan diperkirakan hingga 130.000 PNS akan pensiun sementara jumlah yang diterima hanya 50.000 hingga 70.000 CPNS.

"Seperti Kementerian Hukum dan HAM yang kita kasih cuma sipir penjara, kita selektif sesuai kebutuhan," katanya.

Moratorium penerimaan CPNS dilakukan pemerintah akibat jumlah pegawai negara yang dianggap terlalu banyak dan membengkakkan anggaran belanja pegawai berbagai kementerian dan lembaga.

Moratorium dilakukan melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri yang diberlakukan hingga akhir tahun ini.

Namun tahun ini, ada beberapa kementerian yang sudah mulai membuka lowongan CPNS dengan jumlah terbatas.

"Selama tahun ini hanya kita terima 13.000, dan 3.000 yang ikatan dinas bertambah 1.000 dan selama moratorium itu kami evaluasi struktural," katanya.

Dari hasil evaluasi tersebut, didapatkan kesimpulan moratorium cukup dilakukan dalam dua tahun.

"Pendapat saya, tahun depan tidak usah lagi moratorium, terima biasa, tapi jumlah penerimaannya kita estimasi sekitar 50 persen dari jumlah yang pensiun karena banyak sekali kelebihan pegawai kita," kata Azwar.

Sumber : Berita Satu
Iklan bawah disini

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini